Wednesday, July 20, 2011

Studi Kasus 3, dokter mesti bisa jawab pertanyaan ini dengan benar

Penyakit ini biasa kita temui di RS bagian Penyakit Dalam, dan sering ada promosi atau iklan2 di televisi tentang pencegahan agar tidak terkena penyakit ini.

langsung aja ya..
kita lihat riwayat penyakit sekarang pasien wanita berumur 12 tahun

6 hari SMRS os mulai demam. Demam muncul mendadak, naik-turun, terutama pada malam hari, tidak berkeringat saat demam turun dan tidak menggigil. Os merasa badan pegal-pegal, mual, nyeri di ulu hati. Nyeri di ulu hati sifatnya ringan dan tidak dipengaruhi waktu makan. Muntah, batuk, pilek, nyeri saat menelan dan sakit kepala disangkal os. BAK warna kuning jernih 5x/hari, BAB warna coklat 1x/hari, konsistensi padat.

2 jam SMRS os muntah darah berwarna hitam sebanyak 5 kali sekitar setengah gelas sekali muntah. BAK warna kuning kecoklatan, kurang lebih 3x sehari, tidak terputus-putus dan tidak nyeri. BAB warna kuning kecoklatan, konsistensi lunak 1x sehari. Demam masih dirasakan os naik-turun. Turun jika diberi obat warung.

Ketika MRS os merasa lemas, pusing, nyeri di ulu hati, mual, dan muntah darah. BAK warna kuning kecoklatan, kurang lebih 3x sehari. BAB warna merah kehitaman 1x, mimisan 1x. Mual tidak dipengaruhi oleh waktu makan, timbul mendadak pada hari pertama demam. Riwayat bepergian ke luar kota, terkena banjir disangkal os.

Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 110/50 mmHg, FN 140x/menit, FP 24x/menit, nyeri tekan di epigastrium (+), ronkhi basah halus (+), RL (+), Efusi pleura (+).
Dari pemeriksaan lab didapatkan Hb 7,1 g/dl, Ht 46 %, Leukosit 2600/uL, Trombosit 20.000/uL.

Menurut Anda, Apa diagnosisnya?

Download Anamnesis, hasil pemeriksaan, diagnosis dan terapi

---------------------------------------------------------------------
Cara Meningkatkan Kemampuan untuk Presentasi yang Sukses
Cara belajar EKG secara otodidak dengan cepat
Belajar Ngomong Bahasa inggris tanpa pusing karena Grammar
MOHON KESEDIAAN PEMBACA UNTUK MEMBERIKAN PLUS ONE (+1) UNTUK POSTING INI

3 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Like it !